Skip to main content

Quote terbaik SANG ALKEMIS (Paulo Coelho)


“Dalam hidup ini, justru hal-hal sederhanalah yang paling luar biasa; hanya orang-orang bijak yang dapat memahaminya.” (berhubungan dengan orang bijak pun juga perlu mempelajari keterampilan-keterampilan lain).

Dusta terbesar adalah “dalam hidup kita, kita kehilangan kendali atas apa yang terjadi pada kita, dan hidup kita jadi dikendalikan oleh nasib.”

Satu kemahabesaran di planet ini: “siapa pun dirimu, apapun yang kau lakukan, kalau engkau sungguh-sungguh menginginkan sesuatu, itu hasrat yang bersumber dari jiwa jagat raya. Itulah misimu di dunia ini.”

Di masa-masa awal kehidupan, manusia sudah tahu alasan keberadaan mereka. Barangkali itu sebabnya mereka menyerah terlalu cepat—tapi memang begitulah adanya.

“Ada daya yang menghendaki engkau mewujudkan takdirmu; kau dibiarkan mencicipi sukses, untuk menambah semangatmu.”

“Tuhan telah menyiapkan jalan yang mesti dilalui masing-masing orang. Kau tinggal membaca pertanda-pertanda yang ditinggalkan-Nya untukmu.”

“Jangan lupa, segala sesuatu yang kau hadapi pusatnya hanya satu, Jangan lupakan juga bahasa pertanda-pertanda. Namun, yang paling utama, jangan lupa mengikuti takdirmu sampai pada akhirnya.”

“Rahasia kebahagiaan adalah menikmati segala hal menakjubkan di dunia ini, tanpa pernah melupakan tetes-tetes air disendokmu.”

“Kau harus tahu pasti apa yang kau inginkan.”

Kita selalu mengambil jalan memutar, tetapi kita selalu mengarah ke tujuan semula. Kau harus lebih banyak membaca tentang dunia. Buku-buku diibaratkan caravan juga, dari sudut itu. Begitulah prinsip yang mengatur segala sesuatu. Dalam alkamia, itu namanya Jiwa Dunia. Kalau kau menginginkan sepenuh hatimu, saat itulah kau berada amat dekat dengan Jiwa Dunia. Dan ini selalu merupakan daya positif. Segala sesuatu di bumi ini terus-menerus bertransformasi, sebab bumi ini hidup… dan memiliki jiwa. Kita bagian dari jiwa itu, itu sebabnya kita jarang menyadari bahwa jiwa ini bekerja untuk kita.”

“Hanya orang-orang yang TEGUH HATI, dan bersedia belajar secara mendalam, bisa mencapai Karya Agung ini.”

“Sebab aku tidak hidup di masa lalu ataupun masa depan. Aku hanya tertarik pada saat ini. Berbahagialah orang yang bisa berkonsentrasi saat ini”.

Orang-orang mudah terpesona oleh gambar-gambar dan kata-kata, hingga pada akhirnya mereka melupakan Bahasa Dunia.

Setiap hari adalah untuk dijalani, atau untuk menandai kepulangan kita dari dunia ini. Segalanya bergantung pada satu kata: ‘Maktub’.

“Kalau seseorang sungguh-sungguh menginginkan sesuatu, seisi jagat raya bahu-membahu membantu orang itu mewujudkan impiannya.”

“Hanya orang-orang yang telah melihat tanda-tanda kehidupan akan sanggup menemukan harta karun.”

Fatima wanita gurun. Dia tahu kaum pria harus pergi dan akan kembali. Dia telah memiliki harta karunnya sendiri: dirimu. Sekarang dia mengharapkan engkau menemukan apa yang kau cari-cari selama ini. Wanita gurun tahu dia mesti menunggu suaminya. Yang menahanmu di oasis adalah rasa takutmu sendiri. Cinta tak pernah menghalangi orang mengejar takdirnya. Kalau dia melepaskan impiannya, itu karena cintanya bukan cinta sejati.. bukan cinta yang berbicara Bahasa Dunia.
Orang dicintai karena dia memang dicintai. Tak perlu ada alasan untuk mencintai.

“Hanya ada satu cara untuk belajar”, sahut sang Alkemis. “Melalui tindakan. Segala seuatu yang kau ketahui telah kau pelajari melalui perjalananmu. Tinggal satu hal yang perlu kaupelajari. (yaitu) mereka sekadar mencari emas—mereka mencari harta yang ditakdirkan bagi mereka, tapi tidak mau menjalani takdir itu.”

Dengarkan suara hatimu. Hatimu tahu segalanya, sebab hatimu berasal dari Jiwa Dunia, dan suatu hari nanti akan kembali ke sana. Mengapa kita harus mendengarkan suara hati kita? Dimana hatimu berada, di situlah hartamu berada.

“Setiap detik pencarian adalah pertemuan dengan Tuhan.”
Tuhan bersemayam di dalam diri semua orang yang bahagia.

“Sebelum mimpi bisa terwujud, Jiwa Dunia menguji segala sesuaitu yang telah kita pelajari sepanjang jalan. Agar selain mewujudukan impian-impian kita, kita juga menguasai pelajaran-pelajaran yang kita peroleh dalam proses mewujudkan impian itu. Dan di titik inilah kebanyakan orang biasanya menyerah.“

“Setiap pencarian dimulai dengan keberuntungan bagi si pemula. Dan setiap pencarian diakhiri dengan ujian berat bagi si pemenang”.

Kalau kau punya harta berharga, kaucoba menceritakannya pada orang-orang lain, jarang sekali yang percaya pada ucapanmu.

Alkamia intinya ialah tentang menembus ke dalam Jiwa Dunia dan menemukan harta yang telah disediakan bagimu.

Siapapun yang campur tangan dalam takdir orang lain tidak akan pernah menemukan takdirnya sendiri.

“Jangan menyerah dengan pada rasa takutmu. Kalau kau menyerah, kau tidak akan bisa berkomunikasi dengan hatimu. Hanya satu hal yang membuat orang tak bisa meraih impiannya: takut gagal.”

“Biasanya justru karena takut matilah orang jadi lebih sadar akan hidup mereka.”

“Para alkemis menunjukkan bahwa kalau kita berusaha menjadi lebih baik, segala sesuatu di sekitar kita akan ikut menjadi lebih baik.”

Cinta adalah daya yang mengubah dan memperbaiki jiwa dunia. Kita yang merawat Jiwa Dunia itu, dan kita pulalah yang menentukan apakah dunia tempat tinggal kita menjadi lebih baik atau lebih buruk.

Apa yang terjadi satu kali tidak bakal terjadi lagi. Tapi apa yang terjadi dua kali, pasti akan terjadi untuk ketiga kali.

“Setia orang di dunia ini, apapun pekerjaannuya, memainkan peran penting dalam sejarah dunia. Dan biasanya orang itu sendiri tidak menyadarinya.”

Comments

Popular posts from this blog

Ringkasan Buku "The Power of Concentration: 20 Bahasa Kekuatan Konsentrasi"

Minggu, 8 Agutus 2019 Ringkasan   buku “The Power of Concentration: 20 Bahasa Kekuatan Konsentrasi” Penerbit RUMPUN. Oleh: Theron Q.Dumont. Kekuatan konsentrasi ada yang konstruktif (+) & destruktif (-). Kebiasaan adalah pencapaian mental. Keberhasilan adalah buah dari pola pikir. Ketangkasan otak menentukan hasil; kalau menunda orang lain menggantikan sehingga “kesempatan hilang”. Apabila membesarkan hati orang, maka akan terlihat sifat baik yang akan kembali ke diri kita masing-masing. KONSENTRASI PENUH akan menghubungkan Anda dengan pikiran Tuhan, Anda tidak lagi akan memiliki keterbatsan. Semakin tinggi konsentrasi, maka akan semakin tinggi kesempatan = sukses à mengatur diri dan memusatkan pikiran. Orang yang mampu berkonsentrasi adalah orang yang sibuk & bahagia. Latihan konsentrasi terbaik ialah menyimak dengan seksama orang yang berbicara. Cinta akan meningkatan kondisi fisik, social dan mental. Berbicaralah dengan pelan dan jelas. Dasa

Peta Tematik Tanah dan Klasifikasi Kemampuan Lahan di United Emirates Arab (UAE)

Judul Asli: “Soil Thematic Map and Land Capability Classification of Dubai Emirates” oleh Hussein Harahsheh, Mohamed Mashroom, Yousef Marzouqi, Eman Al Khatib, B.R.M. Rao, dan M.A. Fyzee (Penerbit Springer 2013 , diterjemahkan dari buku asli “Developments in Soil Classification, Land Use Planning and Policy Implications”) ABSTRAK Tanah di Dubai dipetakan menggunakan penginderaan jauh berupa data satelit (IRS-P6 LISS IV) pada skala 1:25.000 dan diklasifikasikan menjadi seri tanah bertingkat, dan diasosiasikan sebagai Kunci Taksonomi Tanah USDA-NRCS. Dari jumlah 26 seri yanah yang telah diidentifikasi di UAE, ada 13 teridentifikasi di area Hatta. Secara umum tanah bertekstur kasar, berpasir, tinggi zat kapur (calcareous) dan paling tidak berkembang. Di area pantai dan area dataran rendah dan depresi, tanah tinggi salin (mengandung garam); di pedalaman, tanah mengandung salin maupun sodic ( tanah yang mengandung ion natrium berlebih ) . Karakteristik area Hatta adalah berpengunungan

Pertanian Presisi dan SIG

Apa itu Pertanian presisi? Secara prinsip, pertanian tersebut mempertimbangkan hasil dari optimalisasi pengolahan data dan informasi dari berbagai input data maupun teknologi, yang mana juga memasukkan input guna menghargai lingkungan. Dalam mencapai pertanian presisi dapat dipergunakan teknologi-teknologi canggih untuk memperkaya input, seperti foto udara, citra satelit, hasil perekaman drone atau sensor, bahkan kecerdasan buatan. Namun, walaupun terlihat rumit dari sisi pengolahan data, disederhanakan hasilnya untuk keperluan petani.   Menariknya, sepertinya bisa dikembangkan lebih jauh dengan bantuan Sistem Informasi Geografi (SIG) tetapi memerlukan data-data yang lebih banyak dan tentu saja, akurat. Data tersebut sebagai berikut.   1.    Data cuaca setempat & iklim (suhu, curah hujan, arah angin/windrose, dsb, kelembaban) 2.    Data kondisi tanah 3.    Data sumber air untuk pengairan/irigasi 4.    Data potensi hama dan penyakit tanaman, termasuk organisme pengganggu tanaman (OP